Spesial Promo Lebaran Suzuki Blitar Hubungi Dwi Bejo Suzuki Telp 0811-3647-111 Promo Suzuki DP Termurah Carry Pickup 5 Jtan, New Ertiga 10Jtan dan XL7 DP 20Jtan Hubungi Dwi Bejo Suzuki Suzuki Telp 0811-3647-111 Yuk Test Drive Sekarang dan Dapatkan Hadiah Menarik dari Kami..
Menu
Model
Beranda » Info Suzuki Blitar » Kenapa Harus Memanasi Mobil?

Kenapa Harus Memanasi Mobil?

Dipublish pada 15 April 2022 | Dilihat sebanyak 90 kali | Kategori: Info Suzuki Blitar

Suzuki Ertiga Blitar

Tidak memanasi mobil tiap hari memanglah tidak memunculkan risiko kerusakan pada kendaraan kecintaan Anda. Tetapi aktivitas memanasi mobil perlu tetap dilaksanakan walau tidak tiap hari. Terutamanya untuk Anda yang tidak memakai mobil sampai beberapa minggu.

Minimal kadang-kadang mobil tetap harus dipanaskan. Apa argumennya Anda harus memanasi mobil? Baca penuturannya di bawah ini.

1. Menghindar Kebocoran Kompresi

Argumen pertama kenapa Anda perlu memanasi kendaraan untuk menghindar terjadi kebocoran kompresi. Beberapa elemen mesin menyengaja tidak dibikin akurat tetapi bila terserang panas karena itu tempatnya semakin lebih akurat.

Baca : Karena Lebih Beresiko, Perlu Langkah Khusus untuk Berkendaraan Malam Hari

Jika mesin mobil tidak dihidupkan dalam saat yang benar-benar lama, elemen yang tidak akurat itu bisa menjadi sumber kebocoran. Jika kebocoran terjadi karena itu nanti akan membuat permasalahan pada ruangan bakar.

2. Menghindar Mesin Aus

Tiap elemen mesin memerlukan oli sebagai pelumas saat bergerak. Saat mobil tidak dipanaskan karena itu sisi sela dibanding mesin ini akan jadi kering. Dan oli cuman berada di tempat tampungan saja tanpa memulasi semua sisi mesin.

Efeknya ialah membuat mesin akan cepat aus. Bila mesin aus maka memunculkan suara bising saat mesin dihidupkan. Tidak itu saja, kerusakan elemen mesin juga seringkali muncul karena gesekan di antara mesin yang terjadi karena oli kering.

3. Isi Daya Accu

Tidak cuman masalah mesin saja, mobil memerlukan listrik untuk menghidupkan lampu dan beberapa feature yang lain. Accu sebagai elemen untuk simpan daya lama-lama akan menurun bila mesin mobil tidak dihidupkan dalam waktu yang lama.

Argumen memanasi mobil ialah agar daya listrik yang ada dalam accu akan bertambah. Karena daya itu akan menyusut bila mesin tidak dihidupkan. Maka dari itu penting untuk memanasi kendaraan Anda agar accu masih tetap bekerja yang baik.

Kapan Saat yang Pas untuk Memanasi Mobil?

Aktivitas memanasi kendaraan mobil di dalam rumah perlu dikerjakan, tetapi tidak harus tiap hari. Anda dapat melakukan dengan sesuaikan type kendaraan. Bila kendaraan yang dipunyai mempunyai mesin non injeksi atau konservatif jadi tidak perlu tiap hari.

Mobil konservatif yang umumnya ada pada tipe mobil lama masih memakai karburator yang perannya menambahkan bahan bakar dan udara di ruangan bakar. Untuk memanasi mobil tipe ini Anda cuman memerlukan waktu sekitar 5 menit saja.

Itu juga dilaksanakan tidak tiap hari, karena bila lebih dari 5 menit bahkan 30 menit cuman akan membuat mesin overheating. Yang penting Anda kerjakan hanya memanasi dua atau 3x dalam satu minggu.

Berlainan kembali dengan Anda yang mempunyai mobil dengan mesin injeksi. Umumnya telah dipakai pada beberapa mobil keluaran terkini. Sama seperti yang telah diterangkan di atas untuk mobil dengan mesin ini Anda tak perlu memanasinya tiap hari.

Khusus mobil injeksi proses pemanasan juga lebih singkat yakni cuman 30 detik saja. Anda pun perlu melakukan bila kendaraan telah beberapa minggu terbengkalai di garasi.

Jadi tidak kebingungan kembali kan, kapan Anda harus memanasi kendaraan kecintaan. Yang jelas Anda tidak perlu melakukan tiap hari, apa lagi bila mobil dipakai untuk pergi tiap hari.

Saat ingin memanasi seharusnya tidak selamanya dilaksanakan pada kondisi diam di garasi saja. Anda bisa juga mengemudikan mobil sepanjang beberapa saat. Maksudnya agar elemen seperti transmisi juga turut bergerak.

Jika terjadi permasalahan pada salah satunya elemen karena mobil telah lama tidak dipakai, Anda akan selekasnya tahu. Hingga dapat selekasnya dilaksanakan perlakuan pembaruan.

Imbas Bila Terlampau Kerap Memanasi Mobil

Apa yang hendak terjadi bila Anda masih tetap mengaplikasikan rutinitas memanasi kendaraan tiap hari? Sudah pasti ada imbas yang hendak terjadi dan cukup bikin rugi, baik itu untuk lingkungan dan mesin mobil.

Berikut imbas yang hendak ada bila Anda masih tetap memanasi mobil tiap hari.

1. Boros Bahan Bakar

Imbas pertama kali yang benar-benar bikin rugi kantong Anda ialah boros bahan bakar. Walau mobil Anda telah di-claim irit BBM tetapi bila Anda memanasinya tiap hari, tetap ada bahan bakar yang dibuang.

2. Pencemaran Lingkungan

Kendaraan yang dipakai setiap hari telah memunculkan emisi gas buang. Jika ditambahkan aktivitas memanasi tiap hari pasti mencemarkan lingkungan. Apa lagi bila Anda memanasi kendaraan cuman dalam garasi tertutup.

Emisi gas buang dapat menghancurkan udara dalam ruangan yang sirkulasi udaranya jelek. Andapun pemilik rumah akan mengisap semakin banyak emisi gas itu yang tidak bagus untuk kesehatan.

3. Membuat Dinding Silinder Jadi kering

Saat Anda kelamaan memanasi mobil pada keadaan idle atau mungkin tidak jalan, maka membuat pembakaran tidak prima di ruangan bakar. Imbas jeleknya ialah ruangan silinder lebih persisnya pada bagian dinding akan jadi kering.

Pemicunya ialah tersisa bahan bakar tidak terbakar dan malah melekat pada dinding silinder. Dampak ini akan membuat minyak pelumas tidak bekerja memulasi sisi dinding.

4. Ada Karat di Pipa Knalpot

Sering memanasi bahkan juga tiap hari akan membuat uap air bisa lebih cepat ada di knalpot. Argumennya peralihan temperatur dingin ke panas yang kerap. Permasalahan ini akan ada saat Anda memanasi mobil pada keadaan idle dan pada akhirnya pipa knalpot juga berkarat.

5. Percepat Kerusakan Busi

Tiap hari memanasi mobil dalam waktu yang lama semakin lebih cepat menghancurkan busi. Argumennya busi tidak ada pada suhu yang semestinya hingga percepat keadaannya untuk kotor. Argumen ini jugalah yang membuat konsumsi BBM bertambah.

6. Rusaknya Catalytic Converter

Catalytic converter ialah elemen yang ada dekat berbahan yang gampang terbakar. Perannya untuk memfilter hidrokarbon, karbon monoksida, dan nitrogen hingga sedikit pencemaran yang dikeluarkan kendaraan.

Letak dari elemen ini dan rutinitas memanasi sering akan membuat bisa lebih cepat panas. Walau sebenarnya catalytic converter jangan terlampau panas sampai temperatur lebih dari 400-500 derajat Celcius.

Jika terlampau panas karena itu elemen ini tidak bisa bekerja optimal bahkan hancur. Anda harus keluarkan uang semakin banyak untuk melakukan perbaikan.

Panduan Memanasi Mobil dengan Betul

Menyaksikan imbas itu Anda juga harus mengetahui kapan dan bagaimana untuk memanasi kendaraan dengan tepat. Yakinkan tipe mesin dari mobil yang Anda pakai hingga tidak salah masalah waktu pemanasan.

Selanjutnya turuti beberapa panduan berikut saat Anda akan melakukan.

1. Jauhi Memanasi dalam Status Idle

Lebih bagus untuk memanasi pada kondisi memakai bukan status idle. Karena status itu membuat mobil bisa lebih cepat panas. Disamping itu banyak juga elemen seperti transmisi yang penting bergerak.

2. Jauhi Menghidupkan AC Langsung

Seharusnya Anda buka jendela saat memanasi dan tidak boleh menghidupkan AC langsung sesudah mesin berpijar. Nantikan beberapa saat atau malah tak perlu menghidupkannya.

3. Menjalankan Semua Tombol

Saat memanasi Anda pun perlu untuk menghidupkan semua tombol pada mobil untuk memeriksa perannya. Yakinkan tidak ada permasalahan kesemua elemen yang tersambung dengan tombol itu.

4. Check Tanda pada Mobil

Janganlah lupa check tanda pada mobil yang umumnya kelihatan pada dasbor. Yakinkan semua pada keadaan baik.

Jika saat Anda memanasi mobil ada permasalahan seperti tidak ingin berpijar, bunyi mesin kasar, atau tanda ada yang mati selekasnya membawa ke bengkel sah Suzuki paling dekat.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya
Suzuki Ertiga Blitar

Kenapa Harus Memanasi Mobil?

Dipublish pada 15 April 2022 | Dilihat sebanyak 90 kali | Kategori: Info Suzuki Blitar

Tidak memanasi mobil tiap hari memanglah tidak memunculkan risiko kerusakan pada kendaraan kecintaan Anda. Tetapi aktivitas memanasi mobil perlu tetap dilaksanakan walau tidak tiap hari. Terutamanya untuk Anda yang tidak memakai mobil sampai beberapa minggu. Minimal kadang-kadang mobil tetap harus... selengkapnya

Info Suzuki Blitar

Kenali Ini Ketidaksamaan Mesin Pembakaran Dalam dan Luar

Dipublish pada 15 April 2022 | Dilihat sebanyak 91 kali | Kategori: Info Suzuki Blitar

Sumber khusus tenaga gerak dari kendaraan motor ialah mesin. Nanti, tenaga yang dibuat mesin akan masuk ke mekanisme pendorong kendaraan lewat proses pemindah tenaga. Ada 2 type mesin dalam kendaraan motor yakni mesin pembakar dalam dan pembakar luar. Mesin Pembakaran... selengkapnya

Kontak Kami :

Dwi Bejo Suzuki Blitar

Telp 0811-3647-111 (wa)

Dealer Suzuki Blitar :

Jl. Merdeka No.47, Kepanjen Lor, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur 66117

Web Official Suzuki Blitar :

https://dealersuzukiblitar.com/

Dealer Suzuki Blitar